Selasa, 06 November 2012

MAHASISWA KREATIF DIRIKAN BIMBINGAN BELAJAR &KEAKSARAAN GRATIS DI MASYARAKAT




Sekitar 27 Mahasiswa UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA / UPI  Kampus Tasikmalaya Jurusan S1 PGSD, 2 orang Mahasiswa UNIVERSITAS SILIWANGI, 2 Orang Siswa R-SMA-BI NEGERI 1 SINGAPARNA, Dan 3 orang Siswa MA,  ikut berpartisipasi dalam rangka pendirian Sarana Taman Baca / Keaksaraan & Bimbingan belajar .Pendirian Program Sarana Taman baca dan Bimbel ini berlandaskan atas pengabdian pada msyarakat, mahasiswa ingin berkontribusi dan berperan langsung di Masyarakat.
Program Taman Baca dan Bimbel ini awalnya di gagas oleh sdr. Acep Saepul Rahmat, Program ini didirikan di Desa Cidugaleun- Kecamatan Cigalontang – Kabupaten Tasikmalaya, Program ini dibuka bagi semua kalangan masyarakat luas. Program ini  bernama : PRIVAT PEMBELAJARAN MANDIRI .Program ini  bertujuan untuk menciptakan anak bangsa yang gemar membaca, dan belajar . Proram ini diperuntukan bagi  siswa- siswi  jenjang PRA PAUD/ PAUD dan Sekolah Dasar. 
Menurutnya dengan adanya Program ini di Masyarakat, akan memotivasi siswa dalam hal belajar, pasalnya program ini memberikan bimbingan secara intensif mengenai belajar. Pembelajaran yang diberikan lebih kepada aspek bimbingan dan penyuluhan, meski keseluruhanya ditunjang dengan Pendidikan Umum. Di program ini para siswa dapat belajar sambil bermain, serta ditunjang dengan adanya pembelajaran seni seperti : Belajar angklung,Suling, Pianika , dan vocal suara.
Program Keaksaraan dan Bimbingan belajar ini murni bagin seluruh masyarakat, tidak ada seperserpun biaya yang dibebankan kepada masyarakat. Program ini didirikan mahasiswa sebagai bentuk rasa pengabdian pada masyarakat. Program ini sudah mempunyai visi misi yang merupakan wujud yang perlu dijalankan dan dicapai.
Program ini dilaksanakan setiap hari minggu pukul 08.00 – 11.00 Wib. Program Keaksaraan dan Bimbel ini bertempat di GD. Yayasan Al-Muqorrobin –Kec. Cigalontang- Kab. Tasikmalaya. Sampai saat ini sudah tercatat 310 siswa yang mengikuti Program ini, diantaranya 270 Siswa SD, dan sisanya siswa PRA PAUD dan PAUD.Program BIMBEL dan keaksaraan ini sudah diketahui oleh Kepala Desa Cidugaleun <Mamat Rahmat>, Ketua PKBM Kec. Cigalontang <Agus mulyadi,M.Si >, Dinas Pendidikan UPTD Kec Cigalontang <Drs.Asep Ruhimat,M.Si > Pemerintah Kec. Cigalontang, Camat Cigalontang <Sudirman,S.IP>, Departemen Agama/ KEMENAG Kab. Tasikmalaya <Drs.H. Dadang Romansyah,M.Si>, dan Ketua Dinas Pendidikan Kab. Tasikmalaya <Drs.H. Moh. Zen, M.Pd >.
Program ini diapresiasi oleh seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kec. Cigalontang dan Kecamatan Sariwangi, Masyarakat merasa senang dengan keberadaan program ini dimasyarakat, mereka berharap semoga program ini memberikan kontribusi bagi masyarakat dan memberikan peranan bagi peningkatan kwalitas sumberdaya manusia.
Sampai saat ini staf ketenagapengajaran yang  berpartisipasi dalam program PPM ini berjumlah 32 orang , yang terdiri dari 27 staf tenaga pengajar dan 5 orang staf tenaga administrative dan pembantu umum.Semua staf Ketenagapengajaran sudah tercantum secara resmi di WEB resmi kelembagaan di www.privatpembelajaranmandiri.blogspot.com





















1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap gan,,,,lanjutkan perjuangannya... ^_^