Kamis, 17 Juli 2014

PUSBIMBELDU CEMARA DUSUN KUTIL DESA LENGKONGJAYA


Mahasiswa KKN UPI kampus Tasikmalaya 2014 Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang  Kabupaten Tasikmalaya, membuat Pusat Bimbingan Belajar Terpadu bagi sisawa pra PAUD, PAUD, dan Sekolah Dasar. Kegiatan tersebut bertempat di sebuah yayasan yang bernama yayasan Miftahusshidqi. Tim KKN UPI bekerjasama dengan pemilik yayasan serta pemuda-pemudi dalam mengembangkan PUSBIMBELDU ini. Kegiatan ini merupakan salah satu program pendidikan yang dipilih dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata di desa lengkongjaya.
Program PUSBIMBELDU sangat diminati oleh banyak siswa, terlebih setelah dipindahkannya lokasi PUSBIMBELDU ke yayasan Miftahusshidqi. Pada mulanya, kegiatan PUSBIMBELDU bertempat di posko KKN, namun seiring dengan animo siswa-siswi untuk ikut serta semakin banyak maka pihak yayasan menawarkan tempat untuk dijadikan pusat kegiatan belajar. Program PUSBIMBELDU menawarkan pembelajaran lima mata pelajaran pokok, yaitu bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, dan PKn. Ditambah dengan pengembangan talenta melalui pembelajaran musik dengan angklung dan suling, Bahasa Inggris  dasar, permainan, outbond, senam kebugaran, dan pembelajaran multimedia. Pembelajaran dilakukan dengan mengkondisikan waktu yang tepat dengan jadwal siswa yang kosong, kegiatan biasanya dilakukan pada siang hari untuk siswa Pra PAUD dan PAUD serta sore untuk siswa sekolah dasar.
Kegiatan pembelajaran berlangsung selama 4 hari, yang dititik beratkan pada pembelajaran sambil bermain. Sarana taman bacaan juga sudah disediakan panitia KKN. Panitia melakukan kerjasama dengan Les PPM Al-Muqorrobin yang sudah terlbih dahulu ada di lingkungan kecamatan Cigalontang. Kegiatan PUSBIMBELDU merupakan salah satu program yang dipilih guna sebagai sarana pemanfaatan waktu luang libur sekolah, dan terlebih kedepannya guna untuk mengisi waktu bulan suci Ramadhan.
Siswa-siswi yang mendaftar ke PUSBIMBELDU berdasarkan buku catatan registrasi sudah mencapai 87 orang. Siswa siswi yang mendaftar diberi kartu tanda siswa, supaya siswa mempunyai tanda kenangan dan bukti pendaftaran. Siswa yang mengikuti PUSBIMBELDU  sangat antusias, baik pada kegiatan senam masal pada hari minggu pagi, maupun kegiatan pembelajaran dan aneka outbond yang disajikan mahasiswa KKN UPI. Kedepannya, Program PUSBIMBELDU akan direncanakan akan di kembangkan oleh pihak yayasan dan pemberdayaan dari para pemudi setempat untuk menjalankan kegiatan pembelajaran. Pihak yayasan, dan segenap warga dusun 1 dan 2 merasa senang dengan adanya program ini yang membantu dalam peningkatan dan motivasi belajar anak-anak. Bapak Kepala Desa Lengkongjaya Bapak Ucup Supriadi, Kepala Puskesmas DTP Cigalontang,  serta Pihak yayasan Miftahussidqi telah berkunjung dan mengetahui kegiatan PUSBIMBELDU ini, terlebih juga ibu Dra. Hj. Momoh Halimah, M.Pd selaku dosen pendamping pernah mendatangi dan mengunjungi area tempat belajar.
Kegiatan lain yang sudah dilaksanakan kelompok KKN UPI Kampus Tasikmalaya Dusun 1 dan 2 adalah seminar pendidikan mengenai motivasi belajar yang diselenggarakan di SD dan  penyuluhan dan pembagian bibit apotek hidup yang bekerjasama dengan Dinas kesehatan dan Kepala Puskesmas DTP Kecamatan Cigalontang.
Iman Syahid selaku ketua Kelompok KKN  telah mencanangkan program lain yang dipastikan akan dilaksanakan, diantaranya adalah penyuluhan dan pembagian bibit gratis yang telah bekerjasama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Tasikmalaya, Pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga dalam program keterampilan tangan pembuatan toples hias, partisipasi kepanitiaan kegiatan ramadhan, serta program-program lain yang disesuaikan dengan kondisi lapangan. ( Acep Saepul Rahmat)

0 komentar: