Senin, 04 Maret 2013

Komitmen Mahasiswa UPI Kampus Tasikmalaya dalam memacu MRE bagi Siswa Keaksaraan.





 Komitmen Mahasiswa UPI Kampus Tasikmalaya , untuk tampil dan mengabdi di masyarakat sangatlah kuat dan kokoh. Terbukti dengan masih bergeloranya semangat juang untuk mengajar di sebuah gubuk keaksaraan yang mereka dirikan di sebuah desa terpencil, desa perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut, tepatnya didaerah Kec. Cigalontang , Kp. Cidugaleun - Parentas. Mereka menyebutnya dengan Les PPM. Les yang disajikan berupa Bimbingan dan keaksaraan yang meliputi : Pembudayaan membaca, menulis, Bertatakrama, Motivasi belajar, dan seni.Secara garis besar menurut wakil ketua program les ( sdr. Fajar R Diputra )  disingkat dengan MRE ( Motivasi, Religi dan Edukasi )

Les yang didirikan Mahasiswa UPI Kampus Tasikmalaya ini , merupakan bukan program KKN Universitas , tapi program keaksaraan gratis ini merupakan wujud dari inisiatif dan kontributif mahasiswa yang ingin mengabdikan diri ke daerah terpencil. Seiring dengan rasa yang kuat untuk meningkatkan motivasi belajar di daerah terpencil, maka didirikanlah les bimbingan dan Keaksaraan.
Kegiatan les keaksaraan ini biasa dilakukan setiap hari minggu dari pukul 07.30 - 12.00. Mahasiswa UPI Kampus Tasikmalaya yang menjadi staf pengajar di Les keaksaraan ini berjumlah 32 Orang, mereka mengajar terserbar di kelas yang sudah dibuat , mulai dari kelas 1 yang terdiri dari 2 kelas , kelas 2 untuk 2A, 2B, 3A, 3B, 4A, 4B, 5A, 5B, 6A, dan 6B.

Bimbel keaksaraan gratis ini , membantu dalam rangka pembudayaan akhlaq, perilaku, kebiasaan , dan motivasi belajar anak. Terbukti di keaksaraan gratis ini , anak- anak lebih ditekankan pada aspek Membaca, menulis dan berperilaku( Akhlaq).

Siswa- siswi yang mengikuti les keaksaraan ini merupakan siswa-siswi yang duduk di bangku sekolah dasar. Disini mereka dilatih, dan di motivasi supaya cara belajar di sekolah formal semakin baik dan meningkat. Di les keaksaraan ini, pengajaran membaca dilakukan dengan pembiasaan anak membaca cerita bergambar, anak membaca komik edukasi, dan membaca sambil bermain dilingkungan alam. Selain dari itu, pengajaran akhlaq juga diterapkan dengan pembudayaan lokalisasi bahasa, melalui pengucapan bahasa halus dilingkungan les, serta pembudayaan bertatakrama bahasa kepada yang lebih tua dan sesama.
            Di les keaksaraan ini juga motivasi belajar juga terus dilakukan , salah satu contoh : Bentuk motivasi belajar dilakukan dengan sering diputarnya ESQ dan Audio Islamic  oleh Iman Syahid Arifudin selaku staf pengajar les dan pengurus bidang keagamaan. 

Les Bimbel keaksaraan yang sudah berdiri 1 tahun lamanya , telah memberikan bentuk prestasi, motivasi dan edukasi bagi anak-anak sekolah dasar pada umunya. Terbukti dari sekitar 386 Siswa les yang masuk program ini, 70 % beranggapan membaca itu menyenangkan. Selain dari itu, berdasarkan data dari sekolah formal. / SD tempat siswa- siswi belajar keseharianya, ternyata anak- anak yang ikut les PPM ini, jadi suka membaca, mereka menyukai bacaan -bacaan yang akhirnya jadi suka membaca buku- buku pelajaran.
Les bimbel keaksaraan gratis ini, tidak terlepas dari keridhoan dan komitmen para staf pengajar yang tetap menggelorakan semangatnya bagi kemajuan dan pertumbuhan sumber daya manusia yang baik dan handal. Berikut ini adalah daftar Staf pengajar yang masih berkomitmen dalam rangka mengabdikan diri kepada masyarakat :
KELAS
STAF PENGAJAR BIMBINGAN BELAJAR DAN KEAKSARAAN GRATIS
ASAL
PAUD
ANISA RACHMAN BUDIANA
SITI HANIFAH
LIZA
TITA ROSITA
YESI YULIANTI
SISWA SMA
1/ SD
RELLY MARIUANA MARTIN
CINDY AYU
RISDAYANTI
PHILIA SEPTIANTI
-
MAHASISWA  UPI & UNSIL
2/ SD
TENIA MUDHIA K.
FAJAR R. DIPUTRA
 GINANJAR DWIANTORO
-
-
MAHASISWA  UPI
3A/SD
IMAN SYAHID ARIPUDIN
SOFYAN MIFTAH
DIKA ZUCHDAN SUMIRA
-
-
MAHASISWA  UPI
3B/SD
MAHARANI YUNIAR
HENRY YULIANA PRASETYA
HELMI HERDIANSYAH
 INDANG RATU AVINAFATMA
-
MAHASISWA  UPI
4A/SD
ACEP SAEPUL RAHMAT
INDRA NUGRAHA
CECEP AHMAD H
MEDITA AYU WULANDARI
-
MAHASISWA  UPI
4B/SD
RIZALI ARSELAN
DE NELAWATI
ERPIN ISMAWAN
IRFAN FATUROHMAN
-
MAHASISWA  UPI
5A/SD
ADINDA KHOERUNNISA
DEDE SUPRIYADI
THYA SUCI AYU
TANTAN GUSTIRA
-
MAHASISWA  UPI
5B/SD
APRILIA FAJAR QAIDAH
IKHSAN NUGRAHA
DEWI ALPIANI
SYAEFUL BACHRUL ULUM
-
MAHASISWA  UPI
6A/SD
PEBI NURADIANSYAH
NANDAN HENDANSYAH
ANIS NURJANNAH
-
-
MAHASISWA  UPI
6B/ SD
PEBI NURADIANSYAH
NANDAN HENDANSYAH
-
-
-
MAHASISWA  UPI





Acep Saepul Rahmat selaku ketua Program beserta seluruh staf pengajar les PPM , terus mengadakan jejaring interaksi, baik dengan sekolah terkait, Masyarakat setempat, dan dinas dinas terkait. Keberadaan les keaksaraan ini direspon baik pihak aparatur desa, kecamatan , UPTD , dan secara umum direspon baik oleh Masyarakat kecamatan Cigalontang. Segenap masyarakat kecamatan Cigalontang, Aparatur pemerintahan dilingkungan Kec, PKBM kecamatan , UPTD Kecamatan Cigalontang mengucapkan terimakasih kepada seluruh staf pengajar, serta peranan UPI yang berkiprah bagi kemajuan pendidikan bangsa, semoga kegiatan ini terus terwujud dan berkesinambungan sepanjang waktu, agar memberi kemajuan pada pendidikan bangsa.













0 komentar: