Selasa, 06 November 2012

ABSTRAK ARANA TAMAN BACA DAN BIMBINGAN BELAJAR SEBAGAI BENTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK



SARANA TAMAN BACA DAN BIMBINGAN BELAJAR  SEBAGAI BENTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK
Oleh : Acep Saepul Rahmat  / Mahasiswa UPI Kampus Tasikmalaya / S1 PGSD 

A.    Konsep Taman Baca dan Bimbingan Belajar
Taman Baca adalah salah satu wadah untuk menampung para siswa yang gemar membaca.Selain dari itu taman baca merupakan  suatu  wadah  yang bertujuan  untuk membantu  para siswa-siswi  dalam  hal membaca,menulis, dan mengenal aksara.Taman Baca dapat membantu  para siswa agar gemar membaca.Dengan siswa gemar membaca maka  akan terwujud suatu kebiasaan yang positif.
Konsepsi dari pendirian sarana Taman Baca dan Bimbingan Belajar pada dasarnya untuk memotivasi siswa dan membimbing siswa agar siswa dapat terdorong dalam hal belajar.

B.     Hubungan Pendirian sarana Taman Baca dan Bimbingan Belajar terhadap Pengabdian pada Masyarakat
Pendirian Taman Baca dan Bimbingan Belajar di Masyarakat merupakan wujud dari kontribusi mahasiwa terahadap Masyarakat. Wujud pendirian sarana Taman Baca dan Bimbingan Belajar merupakan salah satu dari pengabdian pada Masyarakat,Pada dasarnya Sarana ini dirasakan langsung manfaatnya oleh Masyarakat. Masyarakat juga akan menilai secara penuh apa yang dilakukan oleh Mahasiswa di dalam Masyarakat. Saran ataman baca didirikan sebagai bentuk pengamalan dan pengabdian Mahasiswa terhadap Masyarakat demi untuk meningkatkan SDM dan kualitas pendidikan.
C.    Proses pembentukan  sarana Taman Baca dan Bimbingan Belajar
  • PERENCANAAN
  • PEMATANGAN KONSEP
  • TINDAK LANJUT
  • PELAKSANAAN
    PROGRAM
  • PENYULUHAN
  • PERIZINAN
  • RANCANGAN KONSEP
D.    Stategi dan Metode Pembelajaran
Strategi belajar sambil bermain.,Strategi belajar dengan kuis ,Strategi belajar  dengan media
Strategi belajar dengan komik edukasi.,Strategi mengajar dengan bermusik, Strategi Bimbingan motivasi dengan ESQStrategi penerapan bahasa santun Strategi pembiasaan berbahas, dan .Strategi pembiasaan attitude yang positif.
E.     Prinsip pendirian sarana Taman Baca dan Bimbingan Belajar
a.       Bentuk pengabdian pada Masyarakat
F.     Bentuk dan macam Pembelajaran
Pendidikan umum ,Pendidikan Agama <Moral / Perilaku /Akhlaq >,Pendidikan Seni , Bimbingan konseling dan Bimbingan keaksaraan                                        
G.    Interaksi dengan Pembimbing senior.
Sarana Taman Baca dan Bimbingan Belajar ini tidak terlepas dari pengawasan guru/ KEPSEK  sekolah formal terdekat, hal ini dilakukan sebagai bentuk kerjasama Mahasiswa dengan Guru.
H.    Fasilitas dan alat Perlengkapan Pembelajaran
Taman Baca dan Bimbingan Belajar,  bisa terwujud jika adanya fasilitas yang mendukung dan perlengkapan pembelajaran yang memadai. Fasilitas dan sarana untuk pendirian sebuah program dimasyarakat tidak semena-mena dilakukan disembarang tempat, butuh tempat yang strategis, fasilitas yang memadai dan staf pengajar yang ada.

I.       Partisipasi Siswa dan Masyarakat.
Masyarakat sangat mendukung dengan didirikanya  program Taman Baca dan Bimbingan Belajar, disamping mendukung masyarakat juga berpartisipatif memasukan anak nya ke program yang didirikan mahasiswa.
J.      Indikasi dan peranan sarana Taman Baca dan Bimbingan Belajar
a.       Bagi orang tua
b.      Bagi anak
c.       Bagi pengajar







0 komentar: