SARANA
TAMAN BACA DAN BIMBINGAN BELAJAR SEBAGAI
BENTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK
Oleh : Acep Saepul Rahmat / Mahasiswa UPI Kampus Tasikmalaya / S1 PGSD
A. Konsep
Taman Baca dan Bimbingan Belajar
Taman Baca adalah salah satu
wadah untuk menampung para siswa yang gemar membaca.Selain dari itu taman baca
merupakan suatu wadah
yang bertujuan untuk
membantu para siswa-siswi dalam
hal membaca,menulis, dan mengenal aksara.Taman Baca dapat membantu para siswa agar gemar membaca.Dengan siswa
gemar membaca maka akan terwujud suatu
kebiasaan yang positif.
Konsepsi dari pendirian
sarana Taman Baca dan Bimbingan Belajar pada dasarnya untuk memotivasi siswa
dan membimbing siswa agar siswa dapat terdorong dalam hal belajar.
B.
Hubungan Pendirian sarana Taman Baca dan Bimbingan
Belajar terhadap Pengabdian pada Masyarakat
Pendirian Taman Baca dan
Bimbingan Belajar di Masyarakat merupakan wujud dari kontribusi mahasiwa
terahadap Masyarakat. Wujud pendirian sarana Taman Baca dan Bimbingan Belajar
merupakan salah satu dari pengabdian pada Masyarakat,Pada dasarnya Sarana ini
dirasakan langsung manfaatnya oleh Masyarakat. Masyarakat juga akan menilai
secara penuh apa yang dilakukan oleh Mahasiswa di dalam Masyarakat. Saran
ataman baca didirikan sebagai bentuk pengamalan dan pengabdian Mahasiswa
terhadap Masyarakat demi untuk meningkatkan SDM dan kualitas pendidikan.
C. Proses
pembentukan sarana Taman Baca dan
Bimbingan Belajar
- PERENCANAAN
- PEMATANGAN KONSEP
- TINDAK LANJUT
- PELAKSANAANPROGRAM
- PENYULUHAN
- PERIZINAN
- RANCANGAN KONSEP
D. Stategi dan
Metode Pembelajaran
Strategi belajar sambil
bermain.,Strategi belajar dengan kuis ,Strategi belajar dengan media
Strategi belajar dengan
komik edukasi.,Strategi mengajar dengan bermusik, Strategi Bimbingan motivasi
dengan ESQStrategi penerapan bahasa santun Strategi pembiasaan berbahas, dan .Strategi
pembiasaan attitude yang positif.
E. Prinsip
pendirian sarana Taman Baca dan Bimbingan Belajar
a.
Bentuk
pengabdian pada Masyarakat
F. Bentuk dan
macam Pembelajaran
Pendidikan umum ,Pendidikan Agama <Moral / Perilaku
/Akhlaq >,Pendidikan Seni , Bimbingan konseling dan Bimbingan keaksaraan
G.
Interaksi dengan Pembimbing senior.
Sarana Taman Baca dan Bimbingan Belajar ini tidak
terlepas dari pengawasan guru/ KEPSEK
sekolah formal terdekat, hal ini dilakukan sebagai bentuk kerjasama
Mahasiswa dengan Guru.
H.
Fasilitas dan alat Perlengkapan Pembelajaran
Taman Baca dan Bimbingan Belajar, bisa terwujud jika adanya fasilitas yang
mendukung dan perlengkapan pembelajaran yang memadai. Fasilitas dan sarana
untuk pendirian sebuah program dimasyarakat tidak semena-mena dilakukan
disembarang tempat, butuh tempat yang strategis, fasilitas yang memadai dan
staf pengajar yang ada.
I.
Partisipasi Siswa dan Masyarakat.
Masyarakat sangat mendukung
dengan didirikanya program Taman Baca
dan Bimbingan Belajar, disamping mendukung masyarakat juga berpartisipatif
memasukan anak nya ke program yang didirikan mahasiswa.
J. Indikasi
dan peranan sarana Taman Baca dan Bimbingan Belajar
a.
Bagi orang tua
b.
Bagi anak
c.
Bagi pengajar
0 komentar:
Posting Komentar